PERINGATAN HARI LINGKUNGAN HIDUP SE-DUNIA TINGKAT KABUPATEN MUARO JAMBI TAHUN 2019

0
91
views

Selasa Tanggal 16 Juli 2019 Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi menyelenggarakan peringatan Hari Lingkungan Hidup se-Dunia Tingkat Kabupaten Muaro Jambi, puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup Se-Dunia dilaksanakan dipusatkan di Stockfile PT. Jambi Nusantara Energy yang berada di Desa Muaro Jambi Kecamatan Maro Sebo Kabupaten Muaro Jambi Provinsi Jambi.

Tema yang diangkat pada tahun 2019 adalah “Biru Langitku, Hijau Bumiku”, sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan melalui gerakan penurunan sumber-sumber pencemaran udara dan gerakan penanaman pohon yang dapat mereduksi dampak negatif di sekitar sumber pencemar udara.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kapolda Jambi, Bupati Muaro Jambi, Forkomprinda Kabupaten Muaro Jambi , Kepala OPD Kabupaten Muaro Jambi, Kepala Desa se-Kabupaten Muaro Jambi, Camat se-Kabupaten Muaro Jambi, Kepala Sekolah dan Siswa se-Kecamatan Maro Sebo dan Taman Rajo, serta unsur Organisasi/ Kepemudaan.

Dalam rangka memeriahkan kegiatan tersebut, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Muaro Jambi mengadakan serangkaian acara yaitu Lomba Menggambar, Poster dan Mengarang bagi siswa SD, SMP dan SLTA. Peringatan Hari lingkungan hidup diselenggarakan pula kegiatan penanaman pohon dibantaran Sungai Batanghari, Ikrar Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup, Penyerahan Penghargaan Penilaian ADIWIYATA Kabupaten Muaro Jambi, Penghargaan bagi Perusahaan yang taat dalam pengelolaan lingkungan hidup. Dalam serangkaian acara dimaksud juga dilaksanakan bantuan perusahaan kepada siswa berprestasi berupa Tas, Alat Tulis dan Buku se-Kecamatan Maro sebo dan Taman Rajo.

Dalam sambutannya, Bupati Muaro Jambi Hj. Masnah, SE bahwa peringatan Hari Lingkungan Hidup Se-Dunia mengatakan, salah satu ancaman terbesar terhadap kesehatan manusia yaitu polusi udara. Oleh karnanya diperlukan upaya upaya-upaya meminimalisir dampak polusi udara dengan melakukan kegiatan penerapan penggunaan bahan bakar bersih lingkungan, melarang membuka lahan dengan membakar, memperbanyak vegetasi tanaman, menggiatkan program 3R dan lain-lain.

Pada kesempatan yang sama, Firmansyah, SKM.MH selaku Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Muaro Jambi mengatakan bahwa persoalan lingkungan hidup buka semata-mata menjadi tanggung jawab pemerintah, keterlibatan pihak swasta dan masyarakat juga sangat penting artinya dalam menjalankan kebijaksanaan pengelolaan lingkungan hidup. Sebab setiap orang dalam hal ini, mempunyai hak dan kewajiban berperan serta yang sama dalam rangka pengelolaan lingkungan hidup.