TANDA DAFTAR GUDANG (TDG)

Tanda Daftar Gudang (TDG)
Sumber: BPTSP Kabupaten Muaro Jambi
(Keputusan Bupati Muaro Jambi Nomor 562 / Kep.Bup /BPTSP/ 2013 Tanggal 31 Desember 2013 Tentang Prosedur Tetap/Standard Operating Procedure (SOP) Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Badan Pelayanan Terpadu Satu Pintu)

Jenis Izin

Tanda Daftar Gudang (TDG)

Masa Berlaku Izin

Tanda Daftar Gudang (TDG) berlaku selama 5 Tahun dan dapat diperpanjang 3 bulan sebelum berakhirnya masa berlaku TDG

Pemberi Pertimbangan

Tim Teknis

Dasar Hukum

Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia Nomor 16/M-DAG/PER/3/2006 tentang Penataan dan Pembinaan Pergudangan

Maksud dan Tujuan

  1. Terlindungnya perusahaan yang menjalankan usahanya secara tertib, jujur dan terbuka.
  2. Terbinanya dunia usaha dan perusahaan kecil, menengah, dan besar.
  3. Terciptanya iklim usaha yang sehat dan tertib.
  4. Tergalinya sumber dan pengamanan pendapatan Kabupaten Muaro Jambi.
  5. Mencatat bahan-bahan keterangan yang dibuat secara benar dari suatu perusahaan dan merupakan sumber informasi resmi untuk semua pihak yang berkepentingan mengenai identitas dan keterangan lainnya tentang perusahaan.

Klasifikasi/Sasaran

Setiap perusahaan yang memiliki/menggunakan tempat penyimpanan barang perniagaan di Kabupaten Muaro Jambi wajib memiliki Tanda Daftar Gudang (TDG)

Prosedur

  1. Pemohon mengajukan permohonan ke Front office dan jika lengkap di beri tanda terima.
  2. Dari front office diteruskan ke Kabid Pelayanan untuk di agendakan.
  3. Dari Kabid Pelayanan diteruskan kepada Kabid Pengelolaan untuk diverifikasi dan disurvey kelapangan bersama Tim Teknis (jika ada).
  4. Setelah disurvey langsung diproses.
  5. Setelah diproses, draf izin diperiksa dan diparaf oleh kabid pengelolaan dan diteruskan ke Kabag Tata Usaha.
  6. Setelah diparaf Kabag Tata Usaha diteruskan ke Kepala Badan untuk ditandatangani.
  7. Setelah izin ditandatangani kemudian diagendakan oleh kabid Pengelolaan dan diserahkan ke loket pembayaran dan loket pengambilan izin.
  8. Pemohon mengambil izin dengan menyerahkan Surat Keterangan Retribusi Daerah dan selanjutnya Surat Izin diterima oleh Pemohon.

Persyaratan

  1. Permohonan Izin Teknis dari Instansi Terkait.
  2. Foto Copy HO.
  3. Foto Copy SIUP.
  4. Foto Copy Akte Notaris Pendirian Perusahaan.
  5. Foto Copy SITU.
  6. Foto Copy KTP.
  7. Pas Photo Warna Ukuran 3×4 cm sebanyak 3 (tiga) lembar.

Standar Biaya

Waktu

14 Hari Kerja