Staf Ahli Buka Workshop Penguatan Kapasitas Adat Istiadat

0
49
views

Muaro Jambi- Staf ahli Bupati Muaro Jambi Weno Iskandar mewakili Bupati Muaro Jambi membuka workshop penguatan kapasitas Adat Istiadat. Sambutan Bupati yang dibacakan Staf Ahli mengatakan,  Bupati mengapresiasi yang tinggi kepada Himpunan Perempuan Melayu Jambi dan Lembaga Adat Melayu Jambi Kabupaten Muaro Jambi serta seluruh Panitia Pelaksana Workshop atas segala upaya yang telah dilakukan, sehingga kegiatan ini dapat terselanggara dengan sebaik-baiknya. dan semoga kegiatan yang dilaksanakan ini dapat berjalan lancar, aman dan tertib.

“Kami juga mengapresiasi atas kehadiran semua peserta. Jarak bukanlah penghalang bagi kita untuk menjalin silaturrahim diantara kita namun percayalah bahwa kehadiran kita semua disini secara umum adalah dalam satu tujuan untuk meningkatkan pembangunan di Bumi Sailun Salimbai dalam rangka mewujudkan Muaro Jambi TUNTAS 2022,” tutur Bupati.

Bupati menambahkan, sebagai manusia semuanya menyadari memiliki keterbatasan ingatan maupun daya tangkap terhadap pengetahuan maupun ilmu yang diserap. Oleh karena itu sudah sepatutnya kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan secara kontinue dan berkala agar apa yang didapat pada hari ini akan terus dapat dilestarikan secara baik dari generasi ke generasi.

“Regenerasi itu sendiri sebenarnya merupakan tantangan besar bagi pelestarian adat istiadat. Yang kecil akan tumbuh menjadi besar, yang muda akan menjadi tua dan yang hidup pasti akan mati oleh karena itu kekuatan masyarakat yang memegang adat istiadat adalah apabila adat-istiadat tersebut dapat diwariskan secara turun menurun secara lisan dan perbuatan maupun secara tertulis. Untuk itu, mari tingkatkan terus dan temukan metode-metode yang efektif serta efisien dalam melestarikan Adat Istiadat Kebudayaan dan tidak hanya terbatas pada apa yang kita laksanakan pada hari ini, ” ucap Bupati.

Proses perubahan bukanlah menjadi suatu hal yang menakutkan dan dapat dielakkan. Setiap sisi kehidupan pasti akan mengalami perubahan akan tetapi merupakan momentum bagi semua untuk berkonsep, menetapkan langkah serta berbuat bagaimana menjadikan hari ini sebagai momentum untuk melestarikan Adat Istiadat kebudayaan yang ada di Kabupaten Muaro Jambi ini dari generasi ke generasi.

 “Mari membangun, menguatkan dan melestarikan adat istiadat melayu jambi sebagai sebuah sistem yang baik dan tepat dengan pola serta pedoman mengikat sehingga masyarakat akan menjadi terpola, terstruktur dan terarah dalam bersikap dan berperilaku baik antar sesama apalagi kepada sang khalik bak kata pepatah “Adat Sepanjang Jalan -Cupak Sepanjang Betung Adat Diisi Lembaga Dituang alur bertempuh, jalan berturut bagaimana bunyi gendang begitulah tarinya yang ditakuk yang ditebang yang bergaria yang dipahat, ” sebutnya.

Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi telah berupaya seoptimal mungkin untuk membangun, menguatkan dan melestarikan adat istiadat melayu jambi diantaranya melalui kerja sama dengan Lembaga Adat Melayu Jambi Bumi Saiiun Salimbai Kabupaten Muaro Jambi, HPMJ Kabupaten Muaro Jambi kemudian kerja sama dengan OPD terkait, penyelesaian sengketa-sengketa yang ada dimasyarakat serta upaya lainnya yang secara faktual dirasakan oleh masyarakat.(mad)

Sumber             : Bag. Humas Setda Kab. Ma. Jambi
Tanggal Publikasi : 7 Desember 2017

 

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here