SOSIALISASI PENINGKATAN SDM DALAM RANGKA PENGAMANAN PERSANDIAN

0
191
views

Sengeti – Dinas Komunikasi dan Informatika Kabuapten Muaro Jambi menggelar acara sosialisasi peningkatan sumber daya manusia dalam rangka pengamanan persandian daerah Kabupaten Muaro Jambi tahun 2018. Acara ini diadakan di ruang pola Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang  Kabupaten Muaro Jambi pada hari kamis (8/11/2018) dan bertindak sebagai Nara Sumber adalah Ival Tirta Kusumah, ST, MH dari Badan Siber dan Sandi Negara  (BSSN) Jakarta.

Dalam laporan Ketua Panitia yang disampaikan oleh Kabid Persandian dan Statistik Diskominfo Kabupaten Muaro Jambi, Hudhari, SH bahwa Dasar Hukum  acara ini adalah UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE), UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, DPA Diskominfo Kabupaten Muaro Jambi tahun 2018  tentang Program Persandian untuk Pengamanan Informasi dan  tujuan diadakan acara ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada Aparatur Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi tentang pentingnya tata kelola pengamanan informasi.  Acara  diikuti oleh sebayak 31 peserta dari OPD  lingkup Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi. Kegiatan sosialisasi ini menggunakan Anggaran Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Muaro Jambi taun 2018.

Acara ini dibuka oleh Kadis Kominfo Kabupaten Muaro Jambi (Deswir Rustam, ST) yang membacakan kata sambutan dari Ibu Bupati Muaro Jambi bahwa peran persandian tidak hanya menyangkut kerahasian saja tetapi persandian mempunyai peran dalam meningkatkan kesadaran akan pentingnya pengelolaan keamanan informasi.

“Saat ini sangat diperlukan Aparatur Sumber Daya Persandian yang berkualitas yang memahami system dan alat persandian agar senantiasa sinergi dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) yang berperan dalam hal melindungi keamanan informasi baik yang bersifat rahasia maupun terbuka milik pemerintah, serta mendukung kegiatan deteksi dini dan penangkalan dan penanggulangan terhadap setiap ancaman yang mungkin timbu mengancam kepentingan dan keamanan nasional” tulis Bupati.

Bupati berharap dengan kegiatan sosialisasi pengamanan informasi publik ini dapat menumbuhkan komitmen untuk lebih meningkatkan sinergisitas dalam melaksanakan fungsi persandian di lingkungan  Daerah Kabupaten Muaro Jambi baik kualitas maupun kuantitasnya sebagai kesadaran dan pemahaman kita atas nilai-nilai pengamanan informasi para penyelenggara Negara sebagai Proteksi pihak yang idak bertanggung jawab.

Acara inti berupa paparan sosialisai yang disampaikan Nara Sumber, Ival Tirta Kusumah, ST, MH. “sosialisasi ini bertujuan untuk memperkenalkan tugas dan fungsi Badan Siber  dan Sandi Negara (BSSN) dan memperkenalkan tugas dan fungsi urusan persandian Dinas Kominfo yang berperan dalam mengamankan informasi di Organisasi Pemerintah Daerah di Pemkab Muaro Jambi, ia juga memperkenalkan tentang penggunaan sertifikat elektronik dan tanda tangan digital untuk melakukan pengamanan untuk e-government.

Acara ditutup dengan tanya jawab peserta dengan nara sumber kemudian dilanjutkan dengan Photo bersama dan makan siang.

Sumber                                :  Kominfo Muaro Jambi/ NZ

Tanggal Publikasi              : 08 November 2018

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here