Ribuan Masyarakat Muaro Jambi Terima Sertifikat

0
100
views

Muaro Jambi – Ribuan masyarakat Kabupaten Muaro Jambi menerima sertifikat tanah dari Presiden RI Joko Widodo, penyerahan sertifikat tanah untuk masyarakat Provinsi Jambi melalui teleconference yang langsung diterima GubernurJambi Zumi Zola dilapangan Kantor Bupati Muarojambi, kamis (28/12). Ditempat yang sama Men PAN RB Asman Abnur juga menyerahkan sertifikat secara simbolis.

Pemberian sertifikat ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah terhadap apa yang dibutuhkan oleh rakyatnya. dengan mengeluarkan sertifikat sebagai bentuk pengakuan negara tanah yang dikuasai rakyat selama ini.

Kegiatan pemberian sertifikat tanah ini dilakukan serentak di tujuh Provinsi di seluruh Indonesia, yakni di Pontianak Provinsi Kalimantan Barat, Palembang Sumatera Selatan, Makassar Sulawesi Selatan, Lampung, Palu, Sulawesi Tenggara, Surabaya Provinsi Jawa Timur, dan Muaro Jambi Provinsi Jambi.

Penyerahan sertifikat tanah di Muaro Jambi, dihadiri oleh Stap Ahli bidang masyarakat adat dan kemasyarakatan kementerian agraria dan tata ruang/ Badan Pertanahan Nasional Bahrunsyah, Gubernur Jambi Zumi Zola Zulkifli, Bupati Muaro Jambi Masnah Busyroh, Unsur Forkompidada Provinsi Jambi, serta tamu undangan lainya.

Sebanyak 82.121 sertifikat diserakan kepada warga di seluruh Provinsi Jambi, dan hari ini diserahkan sebanyak 5000 yang diterima oleh 12 orang mewakili 11 Kabupaten Kota di Provinsi Jambi.

Dalam vidio teleconference nya yang disianrkan langsung dari Kota Pontianak dalam kegiatan serupa, Presiden Jokowi berpesan kepada Masyarakat yang menerima sertifikat tanah geratis ini, agar sertifikat tanah tersebut digunakan sebaik Mungkin. “Manfaatkan sertifikat tanah tersebut dalam hal yang produktif, sehingga beberapa tahun kedepan sertifikatnya dapat bertambah,” Kata Jokowi.

Sementara itu Menteri PAN RB Asman Abnur, saat diwawancarai oleh Sejumlah awak media usai kegiatan berharap dengan adanya gerakan penyerahan sertifikat kepada rakyat ini, masyarakat penuh kepastian di dalam kepemilikan hartanya. “Selama ini mungkin hanya menguasai namun tidak dimiliki,” Kata Asman.

Selain itu Asman juga meminta kepada Gubernur dan Bupati untuk mengajarkan pengetahuan kepada rakyatnya tentang pentingnya sertifikat, cara menyimpannya serta cara memanfaatkan. “Hati-hati dalam menggadaikan sertifikat tanah ke  Bank, jangan sampai sertifikat hilang ditahan pihak Bank,” katanya.

Selain itu Asman juga menyebutkan, pemerintah Presiden Jokowi sangat memperhatikan pelayanan publik khususnya dibidang pertanahan. “Kemarin kita ada kendala pada kekurangan juru ukur tanah, namun itu sudah bisa ditangani dengan menambahkan juru ukur,” Pungkas Asman.

Masnah Busyro Bupati Muaro Jambi mengucapkan banyak terima kasih kepada Presiden yang telah memprogramkan pembuatan sertifikat untuk masyarakat, “masyarakat Muaro Jambi sangat terbantu dengan pemberian sertifikat ini, “ucap Masnah. (mad)

Sumber             : Bag. Humas Setda Kab. Ma. Jambi
Tanggal Publikasi : 28 Desember 2017

 

 

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here