Ombudsman adakan Sosialisasi pengumpulan data netralitas ASN

0
46
views

Muaro Jambi – Bertempat diruang pola kantor Bupati Muaro Jambi Rabu (8/2), Ombudsman Perwakilan Jambi beserta Komisi Aparatur Sipil Negara  (KASN) mengadakan sosialisasi terkait netralitas Aparatur Sipil Negara ( ASN)  Kabupaten Muaro Jambi sekaligus penyerahan piagam kepatuhan pelayanan publik kepada dinas yang memberikan pelayanan terhadap masyrakat.

Hadir acara tersebut Sekda Muaro Jambi Imbang Jaya, Para Pejabat Lingkup Pemwrintah Kabupaten Muaro Jambi, serta undangan lainnya

Bupati Muaro Jambi dalam sambutannya mengatakan,  dalam Undang Undang No 5 tahun 2014 tentang ASN, mengamanatkan bahwa dalam pengelolaan menejemen ASN harus berdasarkan pada sistem Merit, sistem merit memiliki tiga aspek yaitu kopetensi, kualifikasi dan kinerja secara adil dan wajar. Dalam undang undang tersebut juga mengamanatkan kepada Gubernur dan Bupati Walikota agar menata semua jajaran ASN untuk menjaga netralitas, sikap dalam pilkada sebagai upaya menjaga netralitas ASN dari pengaruh partai politik.tuturnya

Dikatakan pula, berkaitan dengan pelayanan publik, pemerintah Kabupaten Muaro Jambi menerima hasil penilaian kepatuhan standar pelayanan publik dan kompetensi penyelenggara dari Ombudsman, bahwa dalam rangka peningkatan percepatan kualitas pelayanan publik maka Ombudsman melaksanakan penilaian terhadap pemerintah Kabupaten Muaro Jambi dengan penilaian kepatuhan standar, yaitu pada produk pelayanan administrasi.

Sementara itu Kepala Perwakilan Onbudsman Provinsi Jambi Taufik yasak, menyampaikan himbau kepada seluruh Dinas di Kabupaten Muaro Jambi agar meningkatkan pelayanan publik di Kabupaten Muaro Jambi karena masyarakat adalah raja. berikanlah pelayanan sebaik mungkin.

Taufik juga mengatakan, bentuk pelayanan tersebut berupa memberikan kenyamanan bagi masyarakat dalam hal apa pun, seperti kesopanan, senyum, ramah tamah dalam melayani, bukan itu saja pasilitas dan kebersihan kantorpun  harus lebih baik lagi kedepannya, seperti WC, bersih dari asap rokok dan sebagainya.

Usai acara dilanjutkan dengan penyerahan  piagam penghargaan kepada SKPD berupa piagam kepatuhan pelayanan publik, Dinas yang mendapatkan  piagam tersebut diantaranya, dinas PTSP, DisDukcapil, Dinkes, setelah itu  dilanjutkan pemberian cinderamata kepada Onbudsman dan KASN.

Sementara itu Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Prof. Imade suwandi menyampaikan, ASN harus netral,setiap ASN tidak boleh berpihak dari segala bentuk pengaruh manapun, dan tidak memihak kepada kepentingan siapapun. Netralitas sangat penting untuk menjaga agar ASN dalam menjalankan tugasnya tidak terjadi konflik kepentingan serta menjaga integritas dalam profesionalismenya.

Imade mengatakan berdasarkan informasi yang didapat KASN dapat memetakan kondisi saat ini, sejauh manakah PNS bisa menjaga netralitas dari kepentingan politik,  sehingga birokrasi bisa tetap profesional dan berintegritas dalam menjalankan tugas dan pungsinya. informasi yang didapatkan bisa menjadi dasar bagi KASN untuk memberikan rekomendasi kebijakan untuk mengatur agar permasalahan netralitas PNS ini dapat diberikan solusi melalui kebijakan yang efeltif. (mad)

Sumber              : Bag. Humas Setda Kab. Ma. Jambi
Tanggal Publikasi  : 08  Februari 2017

 

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here