Listrik dan Telepon

Infrastruktur Listrik dan Telepon
Di bidang kelistrikan, tenaga listrik di Kabupaten Muaro Jambi masih bersumber dari Kota Jambi dan untuk saat ini semua ibu kota kecamatan serta hampir dua pertiga dari jumlah desa sudah dapat dilayani oleh PLN. Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi terus berupaya membantu masyarakat dalam pemenuhan tenaga listrik terutama sebagai sumber penerangan, yakni melalui pendekatan pada pihak pengelola PT. PLN agar Kabupaten Muaro Jambi mendapat prioritas pelayanan pengembangan kelistrikan, serta mendorong upaya swadaya masyarakat dalam rangka pemenuhan tenaga kelistrikan.
Mulai pada Tahun 2003 Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi melalui Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) secara nyata telah merintis kemitraan dalam bidang kelistrikan di Kecamatan Sungai Bahar dengan membangun jaringan listrik. Sedangkan pada tahun 2005 telah diadakan penelitian Semi Detail Batu Bara, maka di lokasi Kebun Sembilan sangat strategis bila dikembangkan sebagai lokasi Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) mulut tambang yang bahan bakunya adalah batu bara, bila ini dikembangkan oleh BUMD bekerjasama dengan pihak swasta, maka disatu sisi dapat memenuhi listrik khususnya di Kabupaten Muaro Jambi, umumnya di Provinsi Jambi dan juga dapat menambah PAD yang besar bagi Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi.
Jumlah Desa Yang Sudah Teraliri Listrik Dikabupaten Muaro Jambi Tahun 2013
1. Kecamatan Sekernan 14 Desa
2. Kecamatan Maro Sebo 12 Desa
3. Kecamatan Kumpeh Ulu 18 Desa
4. Kecamatan Kumpeh 14 Desa
5. Kecamatan Mestong 14 Desa
6. Kecamatan Jambi Luar Kota 21 Desa
7. Kecamatan Sungai Bahar 11 Desa
8. Kecamatan Bahar Utara 11 Desa
9. Kecamatan Bahar Selatan 10 Desa
10. Kecamatan Sei Gelam 15 Desa
11. Kecamatan Taman Rajo 9 Desa
Di bidang komunikasi seperti telepon, khusus di Kota Sengeti terdapat 220 SST, dan 3 (dua) unit sarana telekomunikasi seluler yaitu Telkomsel, Pro-XL dan Satelindo. Selain itu di Kecamatan Jambi Luar Kota terdapat 22 SST.