Wilayah Administrasi

GAMBARAN UMUM DAERAH
Kondisi Geografis dan Adminstratif Kabupaten Muaro Jambi
Berdasarkan Undang Undang Nomor 54 Tahun 1999 sebagai daerah pemekaran dari Kabupaten Batang Hari, secara resmi Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi mulai dilaksanakan pada tanggal 12 Oktober 1999. Pusat Pemerintahan di Kota Sengeti sebagai ibu Kota Kabupaten Muaro Jambi denganPusat Perkantoran di Bukit Baling Kecamatan Sekernan. Letak geografis wilayah yang cukup strategis berada di hinterland Kota Jambi, hal ini memberikan keuntungan bagi Kabupaten Muaro Jambi karena Kabupaten ini memiliki peluang yang cukup besar sebagai daerah pemasok kebutuhan kota Jambi, seperti pemasaran untuk hasil pertanian, perikanan, industri dan jasa.

Selengkapnya...

Demografi

1. Gambaran Umum Demografis

Salah satu agenda penting dalam pembangunan pemerintahan adalah  menciptakan pemerintahan yang bersih dan berwibawa. Aspek-aspek penting yang berkaitan dengan upaya mewujudkan tata pemerintahan yang baik adalah keterbukaan, akuntabilitas, efektifitas, efisiensi, penegakan supremasi hukum dan peningkatan peluang partisipasi masyarakat yang dapat menjamin kelancaran, keserasian dan keterpaduan tugas dan fungsi penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan. Untuk mencapai tujuan-tujuan ini, berbagai langkah kebijakan terarah pada perubahan kelembagaan dan sistim pengawasan serta pemeriksaan yang efektif sangat diperlukan. Keberhasilan atau kegagalan proses pembangunan di daerah di tentukan oleh berbagai faktor, antara lain kondisi aparatur pemerintahan. Selama ini aparatur pemerintah dalam pelaksanaan tugasnya di bidang pemerintahan umum dan pembangunan belum secara optimal memperlihatkan citra dan kinerja yang diharapkan berdasarkan prinsip-prinsip penyelenggaraan negara dan pemerintahan yang baik, bersih dan bertanggung jawab.

Selengkapnya...

Selayang Pandang

Kabupaten Muaro Jambi dibentuk berdasarkan Undang-undang Nomor 54 Tahun 1999 sebagai pemekaran dari Kabupaten Batang Hari dan secara defacto kegiatan pemerintahan efektif berjalan terhitung tanggal 12 Oktober 1999 bersamaan dengan pelantikan pejabat Bupati sementara menjelang ditetapkannya pejabat Bupati Defenitif, dengan pusat pemerintahan berada di "Sengeti" Kecamatan Sekernan berjarak 38 KM dari Kota Jambi.

Selengkapnya...

Visi dan Misi

Visi Pembangunan Kabupaten Muaro Jambi
Dalam mencapai keberhasilan pembangunan, Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi telah menetapkan suatu wujud yang ingin dicapai dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara utuh yang dicerminkan melalui visi pembangunan kabupaten yang dituangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Kabupaten Muaro Jambi 2006-2011 dan saat ini Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi sebagaimana hasil Pemilihan Kepala Daerah periode 2011-2016 pada tanggal 9 April 2011 dan telah ditetapkan pasangan Bupati dan Wakil Bupati Terpilih periode 2011-2016.

Selengkapnya...

Pengumuman Pemenang Beberapa Paket PL Jasa Konsultansi Bidang Pengairan Pada DPU Kab. Muaro Jambi TA.2014

Silahkan Unduh File Berikut :

Lambang Daerah

Lambang Daerah Kabupaten Muaro Jambi

Selengkapnya...

Pimpinan Daerah

BUPATI DAN WAKIL BUPATI MUARO JAMBI

   
Bupati Muaro Jambi Wakil Bupati Muaro Jambi

Bupati Muaro Jambi

 

BUPATI MUARO JAMBI

 

Nama : H . BURHANUDDIN MAHIR, SH
Tempat/ Tgl. Lahir : JAMBI KECIL, 16 JUNI 1954
Agama : ISLAM
Alamat : JL. LINTAS TIMUR NO.30 SENGETI
     
Istri    
Nama : HJ. SULIYANTI, SH
Tempat/Tgl. Lahir : BLITAR JAWA TIMUR, 30 MARET 1953
Pekerjaan : ANGGOTA DPRD PROVINSI JAMBI
   

 PERIODE 2014 - 2019

 

Anak
 :  1.   HJ. KURNIA EKA WATI, SE
   :  2.   M. JUAN TRANSRIDA
     
     

Wakil Bupati Muaro Jambi

 

Nama : Drs. Kemas Muhammad Fuad, MSi
Tempat/ Tgl. Lahir : Jambi, 12 Desember 1973
Agama : ISLAM
     
Nama Istri : Ervin Afriyanti, S.Kom
     
Anak
 : Nyimas Ashielaa Az Zahra
   : Nyimas Nayla Khumairah

Sub Kategori