Wilayah Administrasi

GAMBARAN UMUM DAERAH
Kondisi Geografis dan Adminstratif Kabupaten Muaro Jambi
Berdasarkan Undang Undang Nomor 54 Tahun 1999 sebagai daerah pemekaran dari Kabupaten Batang Hari, secara resmi Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi mulai dilaksanakan pada tanggal 12 Oktober 1999. Pusat Pemerintahan di Kota Sengeti sebagai ibu Kota Kabupaten Muaro Jambi denganPusat Perkantoran di Bukit Baling Kecamatan Sekernan. Letak geografis wilayah yang cukup strategis berada di hinterland Kota Jambi, hal ini memberikan keuntungan bagi Kabupaten Muaro Jambi karena Kabupaten ini memiliki peluang yang cukup besar sebagai daerah pemasok kebutuhan kota Jambi, seperti pemasaran untuk hasil pertanian, perikanan, industri dan jasa.

Selengkapnya...

Demografi

1. Gambaran Umum Demografis

Salah satu agenda penting dalam pembangunan pemerintahan adalah  menciptakan pemerintahan yang bersih dan berwibawa. Aspek-aspek penting yang berkaitan dengan upaya mewujudkan tata pemerintahan yang baik adalah keterbukaan, akuntabilitas, efektifitas, efisiensi, penegakan supremasi hukum dan peningkatan peluang partisipasi masyarakat yang dapat menjamin kelancaran, keserasian dan keterpaduan tugas dan fungsi penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan. Untuk mencapai tujuan-tujuan ini, berbagai langkah kebijakan terarah pada perubahan kelembagaan dan sistim pengawasan serta pemeriksaan yang efektif sangat diperlukan. Keberhasilan atau kegagalan proses pembangunan di daerah di tentukan oleh berbagai faktor, antara lain kondisi aparatur pemerintahan. Selama ini aparatur pemerintah dalam pelaksanaan tugasnya di bidang pemerintahan umum dan pembangunan belum secara optimal memperlihatkan citra dan kinerja yang diharapkan berdasarkan prinsip-prinsip penyelenggaraan negara dan pemerintahan yang baik, bersih dan bertanggung jawab.

Selengkapnya...

Selayang Pandang

Kabupaten Muaro Jambi dibentuk berdasarkan Undang-undang Nomor 54 Tahun 1999 sebagai pemekaran dari Kabupaten Batang Hari dan secara defacto kegiatan pemerintahan efektif berjalan terhitung tanggal 12 Oktober 1999 bersamaan dengan pelantikan pejabat Bupati sementara menjelang ditetapkannya pejabat Bupati Defenitif, dengan pusat pemerintahan berada di "Sengeti" Kecamatan Sekernan berjarak 38 KM dari Kota Jambi.

Selengkapnya...

Visi dan Misi

 VISI MUARO JAMBI TUNTAS 2022


"VISI MUARO JAMBI TUNTAS 2022
TERWUJUDNYA MUARO JAMBI YANG TENTRAM, UNGGUL, NYAMAN, TERTIB, ADIL
DAN SEJAHTERA 2022"

TENTRAM:
Adalah Sikap dan kondisi masyarakat Kabupaten Muaro Jambi yang mampu memenuhi kebutuhan hidup lahir dan bathin yang lebih baik dengan mengandalkan kemampuan dan kekuatan sendiri, mampu memanfaatkan peluang, serta dapat menjawab tantangan yang ada dan ikut berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembangunan.

UNGGUL :
Terwujudnya kualitas sumber daya manusia dan daya saing daerah. Terpenuhi  pelayanan dasar yang berkualitas. Berkembangnya industri yang dapat meningkatkan kualitas produksi dan penciptaan lapangan kerja.

NYAMAN :
Adalah sikap dan kondisi masyarakat Kabapaten Muaro Jambi yang memiliki harkat kemanusiaan dan harga diri sehingga berada pada tatanan kehidupan masyarakat yang mulia.

TERTIB :
Terkolalanya pemerintah yang bersih, tranparan dan akuntabel. Terciptanya hubungan yang harmonis antara pemerintahan kabupaten/kota dengan Provinsi untuk mewujudkan pemerataan pembangunan. terwujudnya kesadaran dan ketaatan publik terhadap perundang-undangang.

ADIL :
Meningkatkan anggaran daerah yang pro-rakyat, terwujudnya pemerataan pembangunan sesuai dengan pengembangan potensi daerah. Penciptaan ruang pembangunan agraria yang lebih adil bagi rakyat. Pelayanan informasi publik yang berimbang dan transfaran.

SEJAHTERA :
Adalah suatu kondisi masyarakat yang sehat dalam artian jasmani rohani, ekonomi, sosial, budaya dan rasa aman. Dalam pengertian ini, masyarakat sejahtera juga dipresentasikan oleh eksisnya pemerataan dan keadilan dalam proses pembangunan.

 

 

 

 


MISI PEMBAGUNAN KABUPATEN MUARO JAMBI 2017-2022

DALAM RANGKA PENCAPAIAN VISI  PEMBAGUNAN



1. Memantapkan kualitas Tata kehidupan Masyarakat dan sumber daya manusia yang agamis, berbudaya dan berdaya saing.
2. Meningkatkan Pelayanan Publik dan Tata Kelola Pemerintahan yang baik dan Bersih.
3. Mengelola Potensi Sumber daya Alam secara Optimal, Berkelanjutan dan Berwawasan Lingkungan.
4. Meningkatkan Kesejateraan masyarakat Berbasis Ekonomi Kerakyatan, Ilmu pengetahuan dan Teknologi.
5. Membangun semangat persatuan dan kesatuan, gotong-royong, serta harmonisasi antar seluruh lapisan masyarakat dengan prisnsip keadilan dan kebersamaan.

 

 

 

 

 

 

Pengumuman Pemenang Beberapa Paket PL Jasa Konsultansi Bidang Pengairan Pada DPU Kab. Muaro Jambi TA.2014

Silahkan Unduh File Berikut :

Lambang Daerah

Lambang Daerah Kabupaten Muaro Jambi

Selengkapnya...

Pimpinan Daerah

BUPATI DAN WAKIL BUPATI MUARO JAMBI

   
   
Bupati Muaro Jambi Wakil Bupati Muaro Jambi

Bupati Muaro Jambi

 

BUPATI MUARO JAMBI

 

 

Nama :    HJ. MASNAH BUSYRO, SE
Tempat/ Tgl. Lahir :  
Agama :  
Pendidikan Terakhir
:  
Alamat    
Nama Suami    
Nama Anak :  1.
  :  2.

Wakil Bupati Muaro Jambi

 

WAKIL BUPATI MUARO JAMBI

 

 

Nama :    BAMBANG BAYU SUSENO, S.P.,M.M
Tempat/ Tgl. Lahir :  
Agama :  
Pendidikan Terakhir
:  
Alamat    
Nama Suami    
Nama Anak :  1.
  :  2.

Sub Kategori