Potensi Unggulan Daerah

Potensi Unggulan Daerah
Kabupaten Muaro Jambi memiliki luas wilayah yang cukup luas dan mengelilingi Kabupaten Muaro Jambi. Hal ini tentunya mengakibatkan potensi sumber daya yang cukup melimpah, baik dalam bentuk potensi sumber daya yang  dapat diperbaharui maupun tidak dapat diperbaharui. Potensi unggulan dari sumber daya yang dapat diperbaharui, berupa berbagai jenis komoditi yang dapat dihasilkan di Kabupaten Muaro Jambi, baik dalam non kayu maupun berbagai jenis kayu-kayuan serta hasil hutan.

Selengkapnya...

Pertambangan

Lokasi Penyebaran Bahan Galian/ Tambang Selain Minyak Dan Gas Bumi Dan Tersedianya Di kabupaten Muaro Jambi 2008

Selengkapnya...

Perikanan

Kabupaten Muaro Jambi termasuk sentra produksi perikanan yang cukup potensial, hal ini tidak terlepas dari kondisi geografis wilayah yang dialiri sungai Batang hari yang sangat baik untuk budidaya ikan perairan umum serta geografis wilayah yang mempunyai cukup banyak lahan basah/ rawa. Pengembangan budidaya perikanan utama dibagi atas dua kelompok, yaitu

Selengkapnya...

Perkebunan

Sektor perkebunan memegang peranan penting di dalam struktur perekonomian Kabupaten Muaro Jambi, karena hampir 65% masyarakat bekerja di sektor perkebunan baik sebagai pemilik maupun pekerja, oleh karena itu pembinaan sektor perkebunan sangat mendapat perhatian pemerintah daerah. Komoditi antara perkebunan didominasi oleh tanaman kelapa sawit dan karet, baik dikelola oleh swasta maupun perkebunan rakyat.

Selengkapnya...

Peternakan

Kabupaten Muaro Jambi termasuk sentra ternak yang cukup potensial, hal ini didukung geografis wilayah yang relatif dekat dengan Kota Jambi sebagai pasar utama ternak, sehingga usaha sektor peternakan dapat berkembang secara pesat dan menjadi sektor ekonomi produktif yang cukup menarik untuk dikembangkan dalam skala ekonomi.

Selengkapnya...

Pertanian

Pengembangan  Tanaman Pangan

Luas Panen, Produksi dan Produktivitas tanaman pangan di Kabupaten Muaro Jambi sampai dengan Tahun 2012,  dapat dilihat pada tabel berikut:

Selengkapnya...