Hari Pahlawan Diperingati Di Kabupaten Muaro Jambi

Muaro Jambi - Hari pahlawan ditingkat kabupaten muaro jambi diperingati dalam suatu upacara, bertindak selaku inspektur upacara (irup)  Bupati Muaro Jambi Hj. Masnah Busyro, SE. Hadir pada upacara tersebut unsur porkompida, Wabup, Kepala OPD, para peteran, serta ASN Kabupaten Muaro Jambi.

 

Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa dalam sambutan tertulis dibacakan Bupati Muaro Jambi Masnah Busyro mengatakan, semangat kebangsaan kita yang juga kita kenang hari ini di Hari Pahlawan adalah sebuah nasionalisme yang dilandasi oleh kemanusiaan universal bukan nasionalisme yang sempit, sebuah nasionalisme yang oleh Bung Karno diikrarkan bahwa "My Nationalism Is Humanity", sebuah nasionalisme yang ditegaskan dalam pidato 1 juni Lahirnya Pancasila, bahwa nasionalisme hanya bisa hidup subur didalam tamansarinya Internasionalisme. Internasionalisme dapat subur jikalau berakar dalam buminya nasionalisme.

Kata Khofifah, pada dasarnya setiap warga bangsa menyadari bahwa kita semua mewarisi sebuah konsepsi, sebuah etos, sebuah niat dan tindak perilaku kepahlawanan yang tinggi dan luar biasa. Injlah aaatnya kita menuntaskan perjuangan membangun bangsa dengan sikap mental yang positif dan konstruktif yaitu membangun sebuah bangsa yang merdeka, maju, bersatu, berdaulat, dan terbuka. Hanya dengan revolusi mental yang positif, optimis dan sadar riwayat kita sebagai bangsa yang merdeka, bersatu, berdaulat dan terbuka kita menyelami tantangan dan persoalan yang kita hadapi bersama dengan semangat persatuan didalam kesetaraan seluruh anak bangsa tanpa diskriminasi.

Pada pidatonya tersebut Mensos Khofifah mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk terus berjuang, bekerja, berkarya menjadi pahlawan bagi diri sendiri, pahlawan bagi lingkungan, pahlawan bagi masyarakat maupun pahlawan bagi negeri ini.

Usai upacara Bupati Muaro Jambi Masnah Busyro beserta Wabup Bambang Bayu Suseno, dan Unsur Porkompida serta Kepala OPD melakukan ziarah ke makam pahlawan Bukit Kusuma Bhakti.

Pada ziarah tersebut dilakukan upacara bertindak selaku Irup AKBP. Dedi Kusuma Siregar, kemudian dilanjutkan dengan tabur bunga. (mad)


Sumber             : Bag. Humas Setda Kab. Ma. Jambi
Tanggal Publikasi : 10  November 2017