Peringatan HUT Pramuka ke 56

Muaro Jambi -Pemerintah Kabupaten Muarojambi (26/10) memperingati HUT Pramuka ke 56 dalam suatu upacara yang di pimpin Wakil Bupati Muarojambi Bambang Bayu Suseno. Dalam sambutannya Wabup menjelaskan, gerakan kepanduan yang lahir dan mengakar di bumi nusantara merupakan cikal bakal gerakan pramuka telah ada sejak masa penjajahan belanda tepatnya tahun 1912, dengan nama kelompok baik berdasarkan etnik maupun keagamaan.

"Jadi sudah 105 tahun eksiatensinya di Indonesia.Yang bersamaan waktunya dengan berkembangnya gerakan kepanduan dunia yang di rintis Sir Baden Powell di Inggris," tutur Wabup. Wabup menambahkan, gerakan pramuka sebagai lembaga pendidikan yang melengkapi pendidikan formal bagi generasi muda. Sejak dicanangkan revitalisasi pada 2006 lalu terus membenahu diri. " Pada saat ini dengan telah terbitnya undang-undang no 12 2010 tentang gerakan pramuka. Tentu saja agar pembenahan diri harus semakin ditingkatkan," ujar  Wabup.

Lebih lanjut Wabup memaparkan, pembentukan karakter yang tangguh bagi generasi muda merupakan hal yang amat penting dan bahkan menentukan nasib bangsa dan negara di masa depan. "Kita juga telah sering mendengar perlunya generasi muda memiliki kepribadian yang kuat, bersemangat, ulet, pantang menyerah, disiplin, inovatif serta mampu bekerja keras.

Namun kenyataannya kondisi kita hadapi sekarang, karena pengaruh pelbagai faktor. Terutama globalisasi, kemajuan teknologi informasi serta telekomonikasi menunjukan hal sebaliknya," ujar Wabup. Untuk mengatasinya sangat diperlukan peran aktif pemerintah majelis pembimbing dan generasi muda dalam kegiatan kepramukaan. "Setelah revitalisasi gerakan Pramuka dicanangkan tanpak kedudukan dan peranan Pramuka semakin kokoh. Tentu saja untuk terlaksananya pelbagai kegiatan yang dimilikinya. Diperlukan dukungan kuat berbagai pihak," imbuh Wabup.(mad)


Sumber             : Bag. Humas Setda Kab. Ma. Jambi
Tanggal Publikasi : 26 Oktober 2017