BUPATI MASNAH KUNJUNGI TPS

Muaro Jambi - Bupati Muaro Jambi Masnah Busro (21/9) mengunjungi Tempat Pembuangan Sampah (TPS) 3 R (Reduce, Reuse, Recycle) Mendalo Sejahtera di Rt 15 Desa Mendalo Darat Kecamatan Jaluko Kabupaten Muaro Jambi.

Keberadaan Tps 3R Mendalo Sejahtera ini merupakan hasil bentukan Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Desa Mendalo Darat.

Dalam kunjungannya tersebut, Bupati Muaro Jambi didampingi Camat Jaluko serta pengurus kelompok KSM, Masna Busyro melihat langsung proses pengolahan sampah dengan menggunakan management 3R di TPS tersebut.

Selain itu, Masna juga menerima secara simbolis pupuk kompos hasil produksi dari Tps, dari pengolahan sampah organik menjadi pupuk yang bernilai ekonomis.

Saat mengunjungi TPS yang telah menggunakan Metode 3R milik swadaya masyarakat di Desa Mendalo Darat Kecamatan Jaluko Muaro Jambi. Bupati Muaro Jambi Masna Busro menyebutkan ini merupakan sebuah contoh terobosan yang baik dari masyarakat untuk menangani persoalan sampah dilingkungannya.

"Nantinya desa-desa yang terdapat persoalan sampah dan jauh dari TPA, akan kita arahkan pengolahan sampahnya seperti ini, dilingkungan masing-masing," Sebut Masna.

Lebih lanjut masna menyebutkan, kedepan ia akan memberikan bantuan baik dana dari pusat mau CSR untuk membangun Tps 3R.

"Kedepan saya akan memembantu pengadaan perlengkapan Tps 3R di wilayah-wilayah yang terdapat masalah sampah, baik itu dana bantuan dari pusat maupun Csr," Tutur Masna.

Satu diantara kawasan yang jadi prioritas Bupati Muaro Jambi ialah kawasan Desa Kasang Pudak Kecamtana Kumpe Ulu, karena Kepala Desa menyebutkan pihaknya telah menyiapkan lahan sebanyak tiga tumbuk, tinggal menunggu realisasi pekerjaan.

Selain pembuatan Tps 3R, persoalan penanganan sampah di Muaro Jambi yakni kekurangan armada angkutan sampah dan Bupati Muaro Jambi berjanji akan menambahnya. "Kedepan kita akan tambah lagi armadanya," Tutur Masna. (mad)


 
Sumber             : Bag. Humas Setda Kab. Ma. Jambi
Tanggal Publikasi : 22 September 2017