PARIPURNA PENYAMPAIAN NOTA KEUANGAN TERHADAP RAPBD PERUBAHAN

Muaro Jambi - Bupati Muaro Jambi Masnah Busro pada Rapat Paripurna Penyampaian Nota Keuangan terhadap Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (RAPBD) Perubahan Kabupaten Muaro Jambi Tahun Anggaran (TA) 2017 (20/9) di Gedung DPRD Muaro Jambi mengatakan, penyampaian nota keuangan ini pada dasarnya memuat penjelasan secara garis besar arah dan kebijakan RAPBD TA 2017 yang merupakan upaya pencapaian visi misi, tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan dalam Renja Pemda.

Dikatakan Bupati Masnah, Rancangan Perubahan APBD TA 2017 disusun sesuai proses dan mekanisme berdasarkan Permendagri No. 31 Tahun 2016 tentang Pedoman Penyusunan APBD Tahun 2017 dan disampaikan atas dasar telah ditandatanganinya Nota Kesepakatan Kebijakan Umum Perubahan APBD dan Prioritas Plafon Anggaran Perubahan APBD antara DPRD dan Pemda yang antara lain memuat Perubahan Asumsi Kebijakan Umum APBD, Perubahan Kebijakan Pendapatan Daerah, dan Perubahan Kebijakan Pembiayaan Daerah.

Dikatakan pula, Pemkab Muaro Jambi telah menetapkan APBD TA 2017 melalui Perda No. 20 Tahun 2016, penetapan tersebut telah disinkronisasikan dengan Perpres RI No. 97 Tahun 2016 tentang Rincian APBD Tahun 2017, oleh karenanya target pendapatan yang ditetapkan pada APBD TA 2017 telah disesuaikan dengan rincian alokasi dari Perpres tersebut dengan tetap mendasari pada asumsi makro ekonomi.

Disisi lain kata Bupati Masnah, dengan dipublikasinya rincian alokasi dana transfer ke daerah oleh Kemenkeu RI dimana alokasi DAU mengalami penurunan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya dan peningkatan dari sisi penerimaan dana perimbangan lainnya serta adanya kewajiban Pemda pada tahun berjalan yang menjadi prioritas untuk dianggarkan, atas dasar tersebut, sesuai dengan mekanisme maka perlu dilakukan penyesuaian terhadap target-target pendapatan dan alokasi belanja pada APBD Perubahan TA 2017.

"Dalam RAPBD-P TA 2017 diusulkan target Pendapatan Daerah sebesar Rp. 1,2 Triliun Lebih, terjadi kenaikan sebesar Rp. 28,7 Milyar Lebih atau 2,24 Persen dari target penetapan APBD TA 2017 sebesar Rp. 1,18 Triliun Lebih pendapatan daerah Kabupaten Muaro Jambi, "ujar Bupati Masnah.

Rapat Paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Muaro Jambi Salmah Mahir berlangsung lancar, dihadiri Wakil Ketua DPRD Fahmi Mai, Anggota DPRD, Kepala OPD dan Camat. (mad)



Sumber             : Bag. Humas Setda Kab. Ma. Jambi
Tanggal Publikasi : 20 September 2017