Panen Raya Padi Sawah Desa Pematang Pulai

 Muaro Jambi - Pemerintah Kabupaten (pemkab) Muaro Jambi melaksanakan Panen Raya Padi Sawah di Desa Pematang Pulai Kecamatan Sekernan, (11/9) petani desa Pematang Pulai, Berembang dan Pulau Kayu Aro sangat berbahagia karena Panen Raya mereka didahului Gubernur Jambi Zumi Zola, Deputi Krimatologi BMKG, dan Bupati Muaro Jambi Masna Busro.

Bupati Masna Busro usai melakukan Panen Raya mengatakan, Kecamatan Sekernan merupakan kecematan dengan lahan pertanian yang luas, setidaknya ada tiga desa yakni Pematang Pulai, Kayu Aro, dan Berembang jika di gabungkan luas lahanya mencapai 500 hektare. "Hari ini kita Panen Raya di Desa Pematang Pulai dengan luas lahan 150 hektare, para petani disini juga sudah melakukan Sekolah Lapang Ilkim (SLI), sehingga petani kita lebih tau musim tanam terbukti kemarau tahun ini tidak berpengaruh, dan bisa Panen Raya," ujar Masna.

Panen Raya Desa Pematang Pulai lanjut Masna, rata-rata hasil produksi sebesar 5.6 ton per-Hektare nya angka tersebut meningkat dari tahun sebelumnya sehingga berdampak pada pendapatan petani. "Tahun kemarin hanya sekitar 3 ton per hektarenya, tahun ini setelah dilakukan Sample Ubinan ternyata sampai 5 ton lebih," jelas Masna bangga.

Sementara itu Gubernur Jambi Zumi Zola merasa sangat bangga dan senang atas raihan Panen Raya Petani Pematang Pulai. "Saya berterimakasih kepada Petani Muaro Jambi yang terus bersemangat menanam padi. Saya harap ini terus dilanjutkan dan semakin di tingkatkan," ujar Zola.

Untuk semakin meningkatkan semangat Petani, dan dalam mendukung produksi, Pemerintah Provinsi Jambi pun menyerahkan bantuan alat sarana prasarana pertanian berupa Hendtraktor, Mesin Pompa Air, dan Traktor roda 4.(mad)



Sumber             : Bag. Humas Setda Kab. Ma. Jambi
Tanggal Publikasi : 12 September 2017