Festival Candi Yang Ke XIV Berlangsung Meriah

Muaro Jambi - Meskipun pegelaran Festival Candi Muaro Jambi (FCMJ) yang ke 14, serta perayaan Hari Raya waisak Umat Budha, Kamis (11/5) di sertai dengan rintikan hujan, tetapi tidak menyurutkan antusias ribuan masyarakat Muaro Jambi untuk menyaksikan Festival budaya tahunan tersebut.


Pembukaan FCMJ tersebut dihadiri oleh Pj Bupati Muarojambi, Kailani, Gubernur provinsi Jambi Zumi Zola besrta isrtri Sherin Taria, anggota DPD RI, Bupati dan Walikota seprovinsi Jambi, Deputi bidang pemasaran nusantara RI, unsur Forkopida provinsi jambi, unsur Forkopida Kabupaten Muaro Jambi, Bupati dan wakil Bupati terpilih Muaro Jambi, Masnah Busro dan Bambang Bayu Suseno, pemuka dan pimpinan umat buda, serta seluruh camat dan lurah Kabupaten Muarojambi.

Dalam sambupatannya Bupati Kailani, menghaturkan ucapan terimaksih yang tidak terhingga pada gubernur provinsi Jambi, atas dukungan dan kontribusi nya hingga terselenggara dengan baik FCMJ ke 14 ini, sekaligus dalam rangka memperingati hari raya waisak bagi umat budah. Kemudian itu, ia juga mengucapkan temakasih yang sebesar - besar nya pada kementrian pariwisata baik atas bantuan nya, baik moril maupun materil.

"Alhamdulillah, Muarojambi pada tahun 2017 ini mendapat bantuan dari Kementrian Pariwisata sebesar1,5 milyar rupiah, bantuan ini akan dipergunanakan untuk pembangunan sarana dan prasarana di komplek percandian Muaro Jambi, guna meningkatnya kualitas pariwisata di percandian Muaro Jambi yang manfaat akan bisa dirasakan oleh masyarakat sekitar percandian Muaro Jambi khususnya dan Provinsi Jambi pada umum nya." ucapnya

Dikatakan nya lagi, dapat Kita lihat saat ini, sudah banyak aktifitas usaha mikro kecil menengah yang sudah mulai berkembang saat ini, ia mengharapkan dengan kegiatan seperti ini dapat menambah pengembangan di bidang pariwisata, baik digunakan sebagai tempat keagaman dan tempat budaya, yang diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, baik itu demi kualitas pembangunan masyarakat sekitarnya dan untuk Kabupaten Muaro Jambi sendiri. Selain itu Bupati Muaro Jambi juga mengucapkan terimaksih atas kunjungan dari berbagai unsur sehingga suksesnya acara pada hari itu.

"Semoga apa yang dilakukan saat ini sebagai bahan evaluasi untuk semua pihak guna meningkatkan menajemen candi Muaro Jambi yang lebih baik lagi, terutama untuk sarana dan prasana yang lebih baik lagi kedepannya." sampainya.

Ditambahkan nya lagi ia juga berharap pada kementrian pariwisata dalam rangka untuk membangun semangat persatuan kita dalam membangun bangsa indonesia, dan dalam rangka untuk meningkatkan budaya kearifan lokal yang dimiliki dengan tidak mengubah budaya tapi meningkatkan budaya. "kami sangat mendorong kegiatan pestival seperti ini." kata Bupati.

Selai itu, dalam sambutannya Gubernur Provinsi Jambi Zumi Zola juga berterimakasih pada masyarakat sekitar atas respon positif yang pada pegelaran festival saat ini dihadiri oleh 6 ribu lebih masyarakat.
"Meskipun hujan tapi saya sangat mengapresiasi masyarakat muarojambi, tetap semangat untuk hadir, acara ini akan di selenggarakan 4 hari lamanya, semoga dengan pegelaran festival ini bisa meningkatkan pendapatan UMKM masyarakat sekitar, sayang kalau budaya dan keindahan ini tidak di kembangkan dengan baik." ungkapnya‎



Sumber              : Bag. Humas Setda Kab. Ma. Jambi
Tanggal Publikasi  : 11  Mei  2017