Kecamatan Sekernan

GEOGRAFIS
Kecamatan sekernan dengan ibu kota sengeti merupakan pusat pemerintahan kabupaten. Dimana terdapat satuan kerja perangkat daerah / SKPD berkantor yaitu kompleks bukit cinto kenang, secara geografis mempunyai luas wilayah 733 KM2 dengan batas:

- Sebelah utara    dengan Kabupaten Tanjung Jabung Timur
- Sebelah Selatan dengan Kecamatan Jambi Luar Kota
- Sebelah Barat    dengan Kabupaten Batang Hari
- Sebelah Timur   dengan Kecamatan Maro Sebo.

Sebagian besar wilayah berada pada ketinggian 0 sd 10 m diatas permukaan laut dan dialiri oleh sungai Batang hari sehingga ketika terjadi Banjir wilayah sepanjang daerah aliran sungai Batang hari akan digenangi air yang cukup luas. Penduduk berjumlah 40.035 juta terdiri dari 12.604 kk meliputi 15 desa, terdiri dari:

  1. Sekernan
  2. Berembang
  3. Tunas Baru
  4. Pematang Pulai
  5. Pulau Kayu Aro
  6. Tan tan
  7. Kedotan
  8. Keranggan
  9. Rantau Majo
  10. Bukit Baling
  11. Gerunggung
  12. Suak Putat
  13. Tanjung Lanjut
  14. Tunas Mudo
  15. Suko Awin Jaya


POTENSI
Potensi alam menonjol kecamatan Sekernan adalah sektor perkebunan dimana banyak beroperasi Perusahaan Perkebunan swasta besar seperti PT. Kirana Sekernan dan PT. Bahari Gembira Ria bergerak disektor perkebunan kelapa sawit dengan okupansi lahan yang cukup luas, disamping perkebunan rakyat baik sawit maupun karet yang menjadi pencarian sebagian besar penduduk, kondisi ini terus berkembang seiring dengan pemberantasan illegal logging.

Potensi lain yang tak kalah penting adalah minyak dan gas bumi yang memiliki sejarah panjang semenjak zaman penjajahan hingga kini masih tetap eksis dikelola oleh pertamina maupun mitra kerjanya, lokasi pertambangan minyak dan gas berada disengeti dan bukit baling.

LAYANAN UMUM
Layanan umum yang dilaksanakan pemerintah kecamatan sekernan, meliputi:
- Kartu Tanda Penduduk (KTP)
- Kartu Keluarga (KK)
- Layanan Pertanahan
- Rekomendasi Perizinan

Disamping layanan tersebut camat hanya menjalankan fungsi koordinasi dan sinkronisasi program kerja skala kecamatan guna menjamin segala sesuatunya berjalan sesuai rencana, oleh karena itu, layanan dilaksanakan secara terukur baik syarat waktu dan biaya dalam rangka memberikan layanan prima kepada masyarakat dengan meminimalisasi kelurahan baik yang bersifat administrasi maupun prilaku aparat dengan menempatan kepuasan masyarakat sebagai tujuan layanan.

VISI DAN MISI
Dalam melaksanakan tugas dan fungsinya Pemerintah Kecamatan Sekernan merujuk pada pada visi dan misi kecamatan, yaitu: ”Optimalisasi Pelayanan Publik di Bidang Pemerintahan, Pembangunan dan Kemasyarakatan melalui Koordinasi Keunit Terpadu dan Terarah”

Selanjutnya untuk mewujudkan visi dirumuskan misi sebagai berikut:

  • Melaksanakan koordinasi kegiatan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan dengan dinas/ instansi kecamatan dan instansi vertikal.
  • Melaksanakan pembinaan dan bimbingan kepada aparat pemerintah desa, organisasi pemuda dan kemasyarakatan.
  • Memberikan motivasi, inovasi dan menimbulkan kreativitas kepada semua elemen masyarakat.
  • Menata sistem informasi dan komunikasi yang komunikatif melalui lembaga formal dan non formal didesa.
  • Melaksanakan pembinaan terhadap lembaga adat di desa sebagai suatu institusi informal yang dekat kemasyarakat.