Kecamatan Jambi Luar Kota

GEOGRAFIS
Kecamatan Jambi Luar Kota dengan Ibukota Pijoan merupakan salah satu kecamatan yang terluas, dimana desanya merupakan Pusat Administrasi Pemerintahan Pembantu Batang Hari wilayah Timur yang pada akhirnya menjadi wilayah Kabupaten Muaro Jambi berdasarkan undang-undang nomor 54 tahun 1999.

Secara geografis wilayah ini berbatasan langsung dengan Kota Jambi yang merupakan Center Point Jalan Lintas Timur dan Barat sehingga secara ekonomis menjadikan salah satu pusat pertumbuhan yang ekonomis. Wilayah ini mempunyai batas:  
- Sebelah Utara    berbatasan dengan Kota Jambi
- Sebelah Selatan berbatasan dengan Kab. Batang Hari
- Sebelah Barat    berbatasan dengan Kec. Sekernan
- Sebelah Timur   berbatasan dengan Kec. Sei. Gelam

Secara administrasi, terdiri dari:
- Simpang Sungai Duren
- Mendalo Darat
- Sungai Duren
- Muaro Pijoan
- Pematang Jering
- Mendalo Laut
- Sarang Burung
- Semubuk
- Senaung
- Penyengat Olak
- Kedemangan
- Rengas Bandung
- Muhajirin
- Maro Sebo
- Sungai Bertam
- Danau Sarang Elang
- Simpang Lima

POTENSI
Selain pusat pertumbuhan wilayah ini berkembang begitu pesat terutama bagian properti, perdagangan dan jasa, hal ini di lihat dari anggarannya pembangunan real estate, dan pusat perdagangan, hal ini dikarenakan lokasinya yang relatif dekat dengan kota sehingga dapat dijangkau dengan mudah melalui sarana transportasi jalan dengan kondisi cukup baik dan butuh waktu + 15 menit menuju Kota Jambi.

LAYANAN UMUM
Layanan umum yang dilaksanakan pemerintah kecamatan Jaluko meliputi:
- Kartu Tanda Penduduk (KTP)
- Kartu Keluarga (KK)
- Layanan Pertanahan
- Rekomendasi Perizinan

Disamping layanan tersebut camat hanya menjalankan fungsi koordinasi dan sinkronisasi program kerja skala kecamatan guna menjamin segala sesuatunya berjalan sesuai rencana, oleh karena itu, layanan dilaksanakan secara terukur baik syarat waktu dan biaya dalam rangka memberikan layanan prima kepada masyarakat dengan meminimalisasi kelurahan baik yang bersifat administrasi maupun prilaku aparat dengan menempatan kepuasan masyarakat sebagai tujuan layanan.