Pertumbuhan Ekonomi

 Kondisi Ekonomi.

Kabupaten Muaro Jambi memiliki potensi sumberdaya yang cukup melimpah, baik dalam bentuk potensi sumberdaya yang dapat diperbaharui maupun tidak dapat diperbaharui. Potensi unggulan dari sumberdaya yang dapat diperbaharui, berupa berbagai jenis komoditi yang dapat dihasilkan di Kabupaten Muaro Jambi, baik dalam non kayu maupun berbagai jenis kayu-kayuan serta hasil hutan. Sedangkan untuk komoditi berbagai  jenis kayu, sekarang ini telah mengalami penurunan yang cukup drastis. Ini diakibatkan oleh potensi yang ada semakin terbatas dari tahun ke tahun sebagai akibat tidak adanya penanaman kembali.

Adapun komoditi unggulan di Kabupaten Muaro Jambi yang termasuk dalam kategori non kayu, dapat dibagi dalam ; komoditi unggulan tanaman pangan, komoditi unggulan perkebunan, komoditi unggulan peternakan dan komoditi unggulan perikanan. Komoditi unggulan yang termasuk dalam pertanian, khususnya tanaman pangan menyangkut berbagai komoditi yang diusahakan petani secara umum maupun secara khusus. Komoditi tanaman pangan yang menjadi unggulan di Kabupaten Muaro Jambi  antara lain :

Padi sawah merupakan prioritas utama pengembangan pertanian tanaman Kabupaten Muaro Jambi untuk memenuhi kebutuhan beras. Hal ini dalam rangka merealisasikan program pembangunan dibidang pertanian tanaman pangan yakni Peningkatan produksi padi, palawija, holtikultura, kualitas produksi komoditas unggulan dan jenisnya.

 

 

 

Peluang Investasi

Kabupaten Muaro Jambi termasuk daerah yang kaya akan sumber daya alam yang mempunyai nilai ekonomi strategis,  sehingga menjadi peluang investasi yang cukup menarik dan menjanjikan dimasa depan.

Selengkapnya...

PDRB

 PDRB KabupatenMuaro Jambi Atas Dasar Harga Berlaku Menurut Lapangan Usaha Tahun 2013

                Distribusi PDRB menurut sektor atas dasar harga berlaku menunjukkan peran/kontribusi sektor-sektor ekonomi pada tahun tersebut.

  • Sektor pertanian menempati urutan yang pertama sebagai penyumbang /  kontribusi terbesar yaitu mencapai 32.99 persen pada sektor ini penyumbang terbesar adalah subsektor perkebunan sebesar 16.69 persen. Sementara kontribusi terendah diberikan subsektor perikanan sebesar 2.00 persen. Dengan begitu besarnya peranan sektor pertanian di Kabupaten Muaro Jambi hendaknya diupayakan secara terus menerus dalam meningkatkan produksi hasil-hasil pertanian

 

 

 

 

Perbankan

PERBANKAN
Keberadaan  sektor  Perbankan merupakan hal yang sangat penting untuk perkembang suatu daerah sebagai lembaga mediasi antara kreditor dengan dunia usaha serta masyarakat selaku konsumen. Ada banyak terdapat lembaga perbankan yang beroperasi di Kabupaten Muaro Jambi antara lain:

Selengkapnya...