DISKOMINFO GELAR SOSIALISASI PEMBINAAN KELOMPOK INFORMASI MASYARAKAT (KIM) DI KECAMATAN DALAM WILAYAH KABUPATEN MUARO JAMBI TAHUN 2018

0
495
views

SENGETI – Informasi menjadi “barang” yang paling berharga saat ini dan menjadi “alat” untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Untuk memperoleh dan mengelola informasi butuh partisipasi aktif masyarakat itu sendiri. diperlukan adanya pemberdayaan masyarakat dengan mengembangkan paradigma komunikasi dengan mansyarakat, bukan lagi komunikasi untuk masyarakat. Dengan latar belakang tersebut maka dibentuklah Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Muaro Jambi menggelar Sosialisasi dan Pembentukan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM), Peserta dalam kegiatan ini adalah warga masyarakat desa dalam wilayah kecamatan Sekerna Kabupaten Muaro Jambi yang diadakan di Aula Kecamatan Sekernan, Jalan Lintas Timur, Sengeti, Kamis (29/11/2018).

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Muaro Jambi, Deswir Rustam,ST. Narasumber Kepala Bidang Pengelolaan Komunikasi Publik Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jambi, Sabriyanto, SH, MH.
Kadis Kominfo Kabupaten Muaro Jambi, Deswir Rustam, ST dalam sambutannya menyampaikan bahwa Kelompok Informasi Masyarakat atau KIM tertuang dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan Informasi Publik, dan sesuai Peraturan Menteri Kominfo Nomor 17 Tahun 2009, tentang desiminasi informasi nasional oleh Pemerintah, Pemda Provinsi, dan Pemda Kabupaten/Kota. PP Nomor 28 Tahun 2017 Tentang pembagian urusan, Permenkominfo RI Nomor 08 2010 tentang pedoman pengembangan pemberdayaan lembaga komunikasi sosial pemerintah antara pemerintah daerah, provinsi dan pemerintah kabupaten/kota.

“KIM (Kelompok Informasi Masyarakat) adalah kelompok yang dibentuk oleh, dari, dan untuk masyarakat secara mandiri dan kreatif yang aktivitasnya melakukan kegiatan pengelolaan informasi dan pemberdayaan masyarakat dalam rangka meningkatkan nilai tambah”, ujar Kadis.

Diakhir sambutannya, Kadis mengajak semua peserta untuk memerangi berita bohong (hoax) yang merebak akhiir-akhir ini dan mengajak semua peserta untuk menggunakan internet dengan bijak sesuai dengan aturan yang telah di regulasi oleh Kemkominfo, kemudian Kadis menambahkan bahwa Diskominfo Kabupaten Muaro Jambi akan meluncurkan Aplikasi yang berbasis masyarakat, yaitu e-Kadu. Aplikasi ini berupa penyampaian aspirasi atau pengaduan-pengaduan dari masyarakat tentang hal-hal di sekitar mereka untuk di sampaikan ke Dinas yang berkaitan langsung dengan permasalahan, dan Kadis menyediakan satu spot khusus di Kominfo untuk aplikasi e-Kadu ini.

Sosialisasi dan Pembentukan KIM berupa paparan materi dari Narasumber, “Kelompok Informasi Masyarakat dulu dikenal dengan istilah Kelompencapir, kemudian berkembang menjadi Kelompok informasi Masyarakat (KIM) konvensional, kemudian perkembangan KIM konvensional begitu cepat sehingga membawa kita ke era digital sekarang ini berupa pemanfaatan, Media online (Website), Media Sosial (Facebook, Twitter, Instagram, You Tube), Aplikasi Pesan (WhatsAap, Telegram, BBM, Line) hal ini memungkin masyarakat untuk berdiskusi di dunia maya secara online” jelas Sabri.

Sabri juga menerangkan bahwa landasan pembentukan KIM adalah Instruksi Presiden No 9 Tahun 2015 menyampaikan informasi melalui berbagai saluran komunikasi kepada masyarakat secara tepat, cepat, obyektif, berkualitas baik, berwawasan nasional, dan mudah dimengerti terkait dengan kebijakan dan program pemerintah.
Acara diakhiri dengan tanya jawab dari peserta kepada Narasumber dan Kadis Kominfo Kabupaten Muaro Jambi tentang Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dalam Provinsi Jambi dan Kabupaten Muaro Jambi.

Sumber                              : Kominfo Kabupaten Muaro Jambi/NZ

Tanggal Publikasi              : 30 November 2018

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here