BUPATI MUARO JAMBI PIMPIN UPACARA PERINGATAN HARI IBU

0
328
views

Sengeti – Bupati Muaro Jambi, Hj. Masna Busyro,SE pimpin upacara Peringatan Hari Ibu Kabupaten Muaro jambi Ke-90 Tahun 2018,  di Lapangan Kantor Bupati Muaro Jambi, Komplek Perkantoran Bukit Cinto Kenang, Jl. Lintas Timur, Sengeti, Kamis (27/12).

Acara ini  dihadiri oleh Bapak Ibu-ibu  unsur FORKOMPIMDA Kabupaten Muaro Jambi, Sekretaris Daerah Kabupaten Muaro Jambi, Organisasi Perangkat Daerah (Eselon II, III),  dan Seluruh Organisasi Wanita kabupaten Muaro Jambi.

Tema Peringatan Hari Ibu tahun  ini adalah ‘Bersama Meningkatkan Peran Perempuan dan Laki-laki dalam Membangun Ketahanan Keluarga untuk Kesejahteraan Bangsa’. Tema ini sesuai dengan kesetaraan gender antara Perempuan dan laki-laki dalam berperan serta membangun bangsa dan negara.

Hari Ibu Indonesia lahir dari pergerakan bangsa Indonesia, dalam pergerakan kebangsaan kemerdekaan peran perempuan Indonesia sangat bermakna. Ekspresinya antara lain terlihat dalam Kongres perempuan pertama 22 Desember 1928 di Yogyakarta sebagai tekad bersama mendorong pembentukan Indonesia merdeka.

Setiap diselenggarakan hari Ibu Indonesia dapat dimaksudkan atau diarahkan untuk selalu membangkitkan Semangat perjuangan tentang keluhuran dan keagungan perempuan sebagai Ibu dan keibuan yang protektif terhadap kehidupan.

Peringatan Hari Ibu (HPI) mengingatkan kita seluruh rakyat Indonesia, terutama generasi muda akan arti makna hari ibu sebagai sebuah momentum kebangkitan bangsa, penggalangan rasa persatuan dan kesatuan, serta gerak perjuangan kaum perempuan yang tidak dapat dipisahkan dari sejarah perjuangan bangsa Indonesia.

“Sebagai apresiasi atas gerakan yang bersejarah itu perayaan hari Ibu ditetapkan setiap tanggal 22 Desember. Peringatan Hari Ibu ini membuktikan adanya perhatian pengakuan akan pentingnya eksistensi perempuan dalam berbagai sektor kehidupan. Peringatan Hari Ibu ini juga membawa pengaruh positif bagi perempuan dan masyarakat yang terdorong untuk selalu menghargai hak haknya sebagai perempuan Hal ini membuktikan bahwa perempuan apabila diberi peluang dan kesempatan mampu meningkatkan kualitas kehidupan secara mandiri,” kata Bupati Muaro Jambi, Hj. Masnah Busyro saat membacakan Amanat Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise.Perempuan dalam berbagai dimensi kehidupan berbangsa dan bernegara, lanjutnya, juga mampu menjadi motor penggerak dan motor perubahan yang dikenal dengan istilah “agent of change”.

Perempuan Indonesia masa kini adalah perempuan yang sadar, memahami dan memiliki hak dan kewajiban yang sama dengan laki-laki. Perempuan dan laki-laki keduanya adalah “parthnership” sekaligus sumber daya insani yang menentukan keberhasilan pembangunan.

Undang-undang Dasar Negara tahun 1945 menjamin bahwa setiap warga negara Indonesia termasuk perempuan memiliki hak dan kewajiban yang sama untuk berpartisipasi dalam setiap aspek kehidupan berbangsa dan bernegara yang demokratis.

“Untuk itu dengan terselenggaranya peringatan Hari Ibu ke-90 tahun 2018 Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada 6 pimpinan organisasi perempuan yaitu organisasi aksi solidaritas era kabinet kerja, kongres wanita Indonesia, Darma Pratiwi, DWP, TP-PKK, Bhayangkari dan mitra kerja lain yang selalu bersama-sama ikut menyelenggarakan peringatan Hari Ibu. Harapan saya peringatan Hari Ibu ke-90 tahun 2018 ini dapat mendorong terciptanya kesetaraan perempuan dan laki-laki pada setiap aspek kehidupan baik di dalam keluarga masyarakat maupun bangsa dan bernegara untuk mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan dan berkeadilan,” tutupnya. kominfo/Nz

Sumber                              :  Kominfo Kab. Muaro Jambi/NZ

Tanggal Publikasi              : 27 DESEMBER 2018

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here